7 Penyebab Mesin Pincang pada Mobil Injeksi

Jika mesin mobil pincang, pasti tidak enak untuk di kendarai. Selain itu juga tenaga mesin juga jadi berkurang. Dan pada mobil injeksi, pastinya akan menyalakan lampu indikator mesin.

Lantas apa penyebab mesin pincang pada mobil injeksi?

Untuk mencari penyebab mesin mobil pincang, kita harus tahu bahwa esin bisa hidup dengan baik memerlukan tiga hal. Yaitu

  • Pengapian yang baik
  • Sistem campuran udara dan bahan bakar
  • Dan juga kompresi.

Karena mobil umumnya menggunakan 3 silinder atau lebih, dan jika salah satu silinder mengalami gangguan pada salah satu hal diatas, maka akan menyebabkan mesin pincang.

Kami akan memberikan informasi beberapa kemungkinan penyebab mesin pincang

Salah Satu Busi Mati.

penyebab mesin pincang pada mesin injeksi

Busi atau spark plug berfungsi untuk memercikan bunga api pada saat pembakaran. Dan merupakan komponen paling akhir dari sistem pengapian

Busi yang perfomanya mulai berkurang karena pemakaian atau bahkan karena sudah mati, bisa menjadi penyebab mesin pincang.

Silahkan Anda ingat-ingat lagi kapan terakhir kali ganti busi?

Terkadang juga busi yang kotor karena kerak yang menumpuk bisa menyebabkan pincang juga.

Atau kemungkinan lain adalah Anda salah ganti busi dengan kode yang tidak sama satu sama lain. Perlu diketahui ketika kita mengganti busi, jangan hanya berpatokan pada panjang ulir dan diameter saja. Tetapi mesti dilihat tingkat panas dan tahanan businya. Hal ini bisa kita lihat dari kode busi.

Salah Satu Koil Pengapian Rusak

Koil pengapian atau ignition coil merupakan komponen yang berfungsi menaikan tegangan baterai menjadi tegangan tinggi. Yang nantinya tegangan tersebut dipercikkan oleh busi untuk membakar campuran.

Dewasa ini, 1 koil pengapian melayani 1 busi. Sehingga ketika salah satu bermasalah maka akan menyebabkan mesin pincang.

Pada mobil yang masih menggunakan satu koil untuk melayani 4 busi, koil tidak menyebabkan pincang. Tetapi kabel tegangan tinggi dari distributor pengapian yang bermasalah dapat menyebabkan mesin pincang.

Injektor Bahan Bakar

Injektor berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam saluran bahan bakar. Dan setiap silinder memiliki satu injektor. Pada beberapa model ada yang menggunakan 2 injektor untuk 1 silinder.

Jika salah satu injektor mati ataupun kotor, maka bisa menyebabkan mesin menjadi pincang.

Untuk itu mobil harus dibawa kebengkel agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Proses yang dilakukan umumnya adalah cuci injektor, pemeriksaan fungsi injektor dan yang paling repot jika pengendali injektornya yang rusak.

Itu bisa jadi karena kabel injektor putus atau mungkin Engine Control Modul yang rusak.

Tekanan Kompresi Berbeda pada Setiap Silinder

mencari penyebab mesin pincang pada mesin injeksi

Jika salah satu silinder mengalami masalah kompresi, pastinya bisa menyebabkan mesin pincang.

Contohnya jika data tekanan kompresi sebagai berikut.

  • Silinder 1 —- 10 bar
  • Silinder 2 —- 10 bar
  • Silinder 3 —- 10 bar
  • Silinder 4 —- 8 bar

Contoh diatas, silinder 4 mengalami penurunan kompresi. Dan penyebabnya bisa bermacam-macam antara lain :

  • Ring piston aus, patah, menguncup dan macet
  • Piston baret
  • Dinding silinder baret
  • Katup bocor tipis
  • Dll

Dan pada intinya perlu dilakukan overhaul terlebih dahulu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kebocoran Udara pada Intake Manifold

Kebocoran udara pada intake manifold juga bisa membuat mesin pincang. Terkadang karena paking manifold yang rusak karena pemakaian atau bisa jadi karena selang-selang vakum yang retak.

Wiring Putus

Beberapa kali juga kami jumpai, wiring putus entah karena tikus atau juga karena hal lain. Yang sulit adalah jika putus pada bagian dalam kabel. Untuk mencari permasalahannya perlu pencarian yang extra teliti dan mengikuti panduan wiring diagram.

Mobil Pincang Karena Booster Rem

Perlu kita ketahui bahwa booster mobil memanfaatkan vakum dari mesin. Dan di beberapa mobil selang vakumnya terhubung dengan manifold silinder 4.

Jika booster mengalami kebocoran, udara dari booster rem akan masuk ke dalam intake manifold. Intake manifold yang keempat akan kebanyakan udara yang menyebabkan mesin mobil pincang

ECU Rusak

ECU atau engine control unit ini adalah yang terakhir kita curigai sebagai penyebab mesin pincang pada mobil injeksi.

Karena memang sebelum mencurigai ECU, sebaiknya kita melakukan pemeriksaan kemungkinan-kemungkinan diatas. Terkadang, salah satu chanel dari komponen ECU bermasalah

Ada sebagian ECU yang bisa diperbaiki tetapi ada juga yang tidak bisa diperbaiki karena menyangkut proteksi anti maling.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!