7 Alasan Kenapa Harus Servis Rutin Mobil Anda

servis rutin mobil

Melakukan servis mobil secara rutin merupakan sebuah keharusan bagi para pemilik mobil. Dan memang dengan servis mobil secara rutin tidak menjamin mobil akan bebas dari kerusakan, hanya saja dapat mengetahui kerusakan komponen lebih dini

Selain itu, ada paling tidak 6 alasan kenapa Anda harus secara berkala ke bengkel untuk melakukan servis mobil secara rutin.

Memastikan Fungsi Komponen Kendaraan sehingga Terhindar dari Kerusakan dan Biaya yang Tidak Terduga

Tentunya mogok dijalan ketika berkendara adalah sesuatu yang sangat tidak kita inginkan. Terlebih lagi biaya extra yang harus kita keluarkan selain biaya perbaikan juga kita ingin hindari. Contohnya adalah biaya towing ataupun yang lainya.

Oleh sebab itu untuk mencegahnya kita sebaiknya melakukan perawatan secara berkala. Karena ketika melakukan perawatan berkala, komponen-komponen kendaraan akan diperiksa di bengkel. Dan jika ditemukan komponen yang mulai mengalami kerusakan akan diganti. Tentunya dengan persetujuan Anda sebagai pemilik kendaraan.

Memastikan Keselamatan dan Kenyamanan Anda di Jalan

Kita pasti ingin berkendara dengan aman dan nyaman. Oleh sebab itu pastikan komponen yanga berfungsi untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan kendaraan bekerja dengan baik.

Saat kendaraan mengalami kecelakaan, tidak jarang diakibatkan karena mobil yang tidak dirawat secara rutin. Atau kita mengabaikan penggantian komponen yang disarankan.

Misalnya minyak rem pada mobil. Minyak rem pada mobil yang sudah cukup lama maka titik didihnya akan menurun. Sehingga ketika kita berkendara yang cukup lama bisa menyebabkan terjadinya gelembung udara dalam sistem rem karena mendidih. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab rem tidak pakem.

Mengembalikan Perfoma Mobil Seperti Semula

Perfoma mobil yang rutin melakukan perawatan berkala akan selalu terjaga. Sehingga Anda bisa berkendara dengan lebih nyaman.

Pemasukan udara yang lancar, suplai bahan bakar yang baik serta sistem pengapian yang optimal sangat mempengaruhi perfoma mobil Anda.

Penumpukan debu sering terjadi pada filter udara, filter bahan bakar ataupun pada intake manifold pada mobil yang menggunakan sistem EGR. Hal ini harus menjadi perhatian ketika servis rutin.

Selain itu kondisi sistem pelumasan juga patut diperhatikan akhir-akhir ini. Karena beberapa kali kami jumpai cukup banyak mesin mobil yang berkerak (sludge) dan tidak akan hilang hanya dengan ganti oli saja.

Pembahasan diatas adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengembalikan perfoma mobil Anda kembali prima

Menjaga Tingkat Efisiensi Bahan Bakar

Jika mobil terasa lebih boros dari biasanya, bisa jadi kerena kita melewatkan servis berkala. Tentu saja hal ini memaksa kita untuk mengeluarkan biaya lebih untuk membeli bahan bakar.

Kami akan memberikan beberapa contoh permasalahannya.

Filter udara yang kotor bisa mengurangi aliran udara yang masuk kedalam mesin. Sehingga proses kerja mesin akan kurang efisien. Hal ini akan menyebabkan bahan bakar terasa lebih boros.

Servis Rutin Mobil dapat Mengurangi Polusi Udara

Ketika mobil hidup, maka mesin akan menghasilkan gas beracun yang dikeluarkan bersama gas buang. Gas tersebut adalah karbon monooksida dan hidro carbon.

Penyebab emisi gas buang yang buruk adalah karena proses pembakaran yang kurang sempurna. Tetapi ketika kinerja mesin optimal karena selalu dirawat rutin, maka hasil pembakarannya akan lebih sempurna. Sehingga polusi udara dapat dikurangi. Terutama adalah gas beracun yang dikeluarkan oleh gas buang.

Itulah kenapa Anda harus servis mobil kesayangan Anda secara rutin.

Mobil Menjadi Lebih Awet

Ketika mobil Anda terawat, maka perfoma kendaraan akan selalu baik. Dan kinerja komponen-komponen kendaraan masih dalam batas wajar. Sehingga komponen akan lebih awet dan memperpanjang umur mobil.

Dan sebaliknya jika kita mengabaikan perawatan rutin, maka kinerja komponen mesin akan lebih keras. Hal ini akan menyebabkan keausan yang lebih cepat.

Contoh nyatanya jika kita mengabaikan penggantian oli mesin. Beberapa kemungkinan yang akan terjadi. Karena terlalu lama tidak mengganti oli maka oli berkurang, sehingga pelumasan tidak mencukupi. Hal ini akan mempercepat kerusakan mesin.

Atau bisa juga didalam mesin akan terbentuk sludge yang menyumbat sistem pelumasan. Karena tersumbat, maka mesin lama kelamaan akan mengalami keausan. Dan pastinya akan mempercepat kerusakan mesin

Menjaga Nilai Purna Jual Kendaraan

Dengan perawatan rutin yang baik maka kendaraan Anda akan lebih awet. Dan tentu saja akan menjaga nilai purna jual kendaraan Anda.

Apalagi jika didukung oleh data riwayat perbaikan yang lengkap. Sebagai bukti perwatan mobil Anda

Servis Rutin Mobil Anda di Tempat yang Terpercaya

Setelah Anda tahu 7 alasan kenapa harus melakukan perawatan berkala, selanjutnya adalah menentukan tempat perawatan kendaraan.

Alangkah lebih baik jika tempat perawatan mobil Anda dilengkapi dengan peralatan yang terkini. Mengingat kendaraan-kendaraan yang modern dilengkapi dengan komponen elektrikal yang cukup kompleks

Selain itu alangkah baiknya jika bengkel memiliki lift untuk mengangkat kendaraan. Hal ini untuk membantu melihat kondisi bagian bawah kendaraan yang luput dari perhatian Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!